Begini Anies Baswedan Singgung Hoax Membangun di Reuni Al Irsyad - Metro Tempo.co


Begini Anies Baswedan Singgung Hoax Membangun di Reuni Al Irsyad



TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal hoax membangun yang sempat viral karena diucapkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Djoko Setiadi pada Rabu 3 Januari 2017 lalu.
Dalam acara reuni akbar Himpunan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad, Anies Baswedan mengusulkan model pendidikan empat K kepada para alumni pesantren itu yang kebanyakan bekerja di bidang pendidikan. "Komponen empat K ini perlu mendapat perhatian secara serius," kata Anies di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu, 6 Januari 2018.Baca : Perayaan Natal Bersama Anies Baswedan, PGI: Kami Support
Empat K yang dimaksud Anies ialah kreatif, kritis, kerja sama, dan komunikasi. Salah satu komponen yang ditekankan adalah berpikir kritis. Anies mengatakan, berpikir kritis adalah salah satu hal paling mendasar di tempat yang sedang banjir informasi. "Wah sekarang ada hoax. Ada juga hoax membangun katanya," ujar dia.
Menurut Anies Baswedan, anak-anak yang memiliki kemampuan kritis tidak akan menerima hal yang bersifat ekstrim. Sebab, orang kritis akan selalu mempertanyakan apapun yang masuk. Anies mencontohkan, ada penawaran investasi senilai Rp 10 juta yang bisa naik dua kali lipat hanya dalam 2-3 bulan.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi dalam Reuni Akbar Himpunan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad (HAPIA) 2018 dan Munas HAPIA I di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, 6 Januari 2018. Tempo/Friski Riana

"Enggak masuk di akal. Pasti ditanya bagaimana cara kerjanya. Kalau orang tidak ada kemampuan berpikir kritis, cepat sekali terbawa," katanya.

Anies
Baswedan menilai, banyaknya penipuan di zaman sekarang itu sebetulnya mencerminkan bahwa yang tertipu adalah orang-orang yang tidak memiliki pemikiran kritis. Pasalnya, orang yang berpikir kritis akan sulit dikelabui.


Thanks for reading our article Begini Anies Baswedan Singgung Hoax Membangun di Reuni Al Irsyad - Metro Tempo.co. Please share it with pleasure.
Sincery Blogger News Poster

powered by Blogger Image Poster

Src: https://metro.tempo.co/read/1047935/begini-anies-baswedan-singgung-hoax-membangun-di-reuni-al-irsyad

Post a Comment

0 Comments