Beloklah ke Fatumnasi saat Wisata ke Labuhan Bajo - Nusadaily



Beloklah ke Fatumnasi saat Wisata ke Labuhan Bajo





NUSADAILY.COM-KUPANG – Wisata alam dan budaya Fatumnasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap dijual kepada wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Wisata alam dan budaya di Fatumnasi menjadi pelengkap wisata ke Labuhan Bajo yang sudah mendunia.


Desa Fatumnasi menawarkan objek wisata alam yang unik. Diantaranya hutam bonsai, padang rumput savana, bukit batu, keindahan pantai dan banyak lagi.


Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abed Frans, mengemukakan pihaknya siap memasarkan wisata Fatumnasi. Pihaknya akan memasukkan Fatumnasi sebagai bagian dari paket perjalanan wisata ke provinsi NTT.


“Pada prinsipnya kami siap memasarkan paket wisata Fatumnasi ketika kondisi objek wisata alam dan budaya itu sendiri sudah dibenahi dan betul-betul siap dikunjungi wisatawan,” katanya di Kupang, Jumat 17 Januari 2020.


Dia mengatakan, wisata alam dan budaya Fatumnasi berada di Pulau Timor. Fatumnasi merupakan satu dari tujuh destinasi yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi NTT sebagai tourisme estate.


Enam destinasi lain adalah Lamalera di Kabupaten Lembata, Perairan Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, Pantai Liman di Kabupaten Kupang, Desa Koanara di Kabupaten Ende, Wolwal di Kabupaten Alor, dan Praimadita di Kabupaten Tidak sinkron Timur.


Asita mendorong agar segala destinasi tourisme estate tersebut dibenahi pemerintah daerah setempat. Sehingga destinasi itu layak dipasarkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.


“Pengembangan tujuh destinasi baru ini sesuai Bertentangan dengan harapan pelaku wisata agar bisa meningkatkan lama kunjungan wisatawan ke NTT selain mereka berkunjung ke Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan yang sudah mendunia,” katanya.


Dia menyampaikan, sebagai bentuk dukungan pengembangan destinasi wisata tourisme estate, pihaknya juga segera mensurvei berbagai variabel wisata. Survei dilakukan bersama stakeholder lain di luar pemerintah yang menjadi mitra Badan Promosi Pariwisata Dewan Perwakilan Daerah (BPPD) NTT.


Survei ini, lanjutnya, untuk melihat langsung kesiapan berbagai aspek pembangunan terutama infrastruktur pendukung yang menunjang kunjungan wisatawan.


“Dari survei nantinya kami akan berikan masukan kepada pemerintah terkait pembangunan di sana,” katanya.


Dia menambahkan, ketika semua infrastruktur pendukung utama di destinasi-destinasi wisata sudah dibenahi secara baik, maka pelaku usaha siap untuk memasarkan sebagai bagian dari paket wisata di NTT. (yos)





Artikel ini telah diterbitkan oleh nusadaily.com dengan judul Beloklah ke Fatumnasi saat Wisata ke Labuhan Bajo - Nusa Daily.

Silahkan disimpan jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

Post a Comment

0 Comments