BKKBN Ajak Pemuda Jalankan Tiga Imbauan Ini - gayahidup www.inilah.com


BKKBN Ajak Pemuda Jalankan Tiga Imbauan Ini



INILAHCOM, Jakarta - Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Rizal Damanik mengajak para pemuda-pemudi merencanakan masa depan dengan tidak menikah usia muda, tidak melakukan seks pranikah, dan tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.

"Kami mengimbau agar pemuda-pemudi usia 12 tahun hingga 24 tahun untuk tidak menikah dalam usia muda, tidak melakukan seks pranikah, dan tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba," tegas Rizal di Jakarta, Jumat (5/1/2018).
Ia menuturkan, tiga imbauan itu merupakan upaya mendukung revolusi mental yang dicanangkan Presiden Jokowi. Ia menilai hal ini penting untuk dilakukan mulai saat ini. Pasalnya Indonesia ke depan akan menghadapi 'bonus' demografi yang membuat jumlah penduduk usia produktif melebihi penduduk di luar usia produktif. "Kondisi ini bisa berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun dapat juga menjadi beban bangsa," ujar Rizal.
Guru besar di Fakultas Ekologi Manusia IPB ini mengungkapkan, untuk menjadikan kondisi ini menguntungkan Indonesia, diperlukan adanya peningkatan kompetensi dan kualitas SDM. Salah satu indikator kualitas SDM adalah tingkat pendidikan pemuda-pemudi. "Kita harap mayoritas pemuda-pemudi Indonesia mampu mengecap pendidikan setinggi mungkin," ungkapnya.
"Ini penting karena kita harus bangun karakter bangsa. Untuk itu pemerintah menggalakkan pembangunan karakter bangsa melalui revolusi mental, perubahan pola pikir," sambungnya.
Selain berpendidikan tinggi, lanjut Rizal, pemuda-pemudi Indonesia diharapkan untuk tidak menikah dalam usia yang terlalu muda. Sebab, generasi muda yang melangsungkan pernikahan di usia muda itu belum mampu secara materi dan dikhawatirkan dapat melahirkan anak yang kurang sehat karena sel-sel reproduksinya belum matang.
"Kita harapkan kaum muda agar tidak menikah di usia anak. Untuk perempuan batasnya 21 tahun, untuk laki-laki batasnya 25 tahun. Itu kunci keberhasilan revolusi mental pemuda di masa depan," terangnya.
"Karena sebelum usia 21 tahun itu, masih perlu gizi, perlu pengembangan sehingga nanti kalau menikah dini tidak akan mampu menghasilkan keturunan berkualitas," imbuhnya. [*]


Thanks for reading our article BKKBN Ajak Pemuda Jalankan Tiga Imbauan Ini - gayahidup www.inilah.com. Please share it with responsible.
Sincery Blogger News Poster

powered by Blogger Image Poster

Src: http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2428589/bkkbn-ajak-pemuda-jalankan-tiga-imbauan-ini

Post a Comment

0 Comments